Mengapa Dinosaurus Punah?

Judul di atas merupakan pertanyaan si Salma, “Pap, mengapa dinosaurus punah?” “Karena sudah tua, ya?” Langsung, saya tidak mampu menjawab! 😳

Betul juga sih Sal… Makhluk kalau sudah tua akan punah….tapi tidak begitu saja punah, tetangga kita saja kemaren meninggal karena sudah tua kan ada jasadnya.

Lantas, siapa dong yang menguburnya? Aduuuh, udah deh Sal, papa mau mandi dulu… *Di kamar mandi putar otak…aha! googling aja, maunya sih bareng² googling tapi yaa lagi tidak bisa online di rumah, mesti ke warnet.

Jadi begini Sal…

65 juta tahun lalu merupakan mimpi buruk bagi dinosaurus, namun bisa menjadi awal baru dari penyebaran kehidupan. Sebab terjadi tabrakan besar di Bumi menyebabkan pemusnahan massal dinosaurus 65 juta tahun yang lalu.

Menurut perkiraan, tata surya akan bergerak melewati bidang Galaksi setiap 35 – 45 juta tahun dan meningkatkan kemungkinan terjadinya tabrakan dengan komet. Bukti dari kawah yang ada di bumi juga menunjukkan kalau Bumi mendapat bencana ditabrak komet sekitar 36 juta tahun lalu.

Penelitian ini hasil analisa di Cardiff Centre for Astrobiology. Lewat sebuah simulasi gerak tata surya dan ditemukan kalau geraknya ternyata memantul ke atas dan ke bawah di sepanjang bidang Galaksi. Saat melewati bagian paling rapat dari bidang Galaksi, gaya gravitasi dari area sekitar awan gas dan debu raksasa justru mengubah komet dari jalurnya.

Akhirnya komet-komet itu pun tercebur masuk ke dalam tata surya, dan sebagian di antaranya mengalami tabrakan dengan bumi.

Bumi bergerak mengelilingi pusat massanya yang berada dekat Matahari. Dan Matahari bersama seluruh sistem Tata Surya juga bergerak mengelilingi pusat Galaksi. Pergerakan Matahari di Bimasakti, secara reguler ternyata mengirimkan komet meluncur masuk ke bagian dalam Tata Surya. Akibatnya terjadi tabrakan besar-besaran yang memusnahkan kehidupan di Bumi.

Itulah sebabnya kenapa dinosaurus punah, Salma….

Salma kamu bacanya nanti aja kalo sudah agak besaran ya nak? Artikel ini kok nggak ada kesan anak²nya sama sekali 😯

(Sumber artikel dengan sedikit perubahan: di sini)

BACA JUGA:

26 Thoughts to “Mengapa Dinosaurus Punah?”

  1. jtom09

    mudah-mudahan tidak terjadi tabrakan lagi. Tapi bagaimana dengan ramalan 2012 ya?

    1. amin… ramalan itu hanya Alloh yang mengatur. 🙂

  2. tapi sampe sekarang sy blm percaya 100% kalo ada dinosaurus 😀

    1. @david: saya sih gimana ilmu pengetahuan saja, ikuti saja toh terkadang seru cerita ttg binatang purbakala yg satu ini…Seperti kemarin saya baca itu ada dinosaurus yang dilihat fosilnya ukuran tubuhnya sebesar kucing masa kini. 🙂

  3. Sya

    Ajak nonton film Ice Age aja Kang. Itu kan ada pengetahuannya juga. KAlau waktu kecil, jaman saya ada buku Mengapa Bengini, Mengapa Begitu? Buku pengetahuan yang dilengkapi dengan berbagai gambar sehingga anak mudah mengerti.

    1. ide yang cemerlang 💡 ! thx ya 😉

  4. klo si dinisaurus masih ada, bisa celaka dech kita…. jadi santapan mereka kang :p

    1. bayangin saja pelem jurasik park 🙄

  5. untungnya anak saya belum tanya tentang hal itu kang, cuma tanya kenapa kok simbahnya kok dikubur di makam dekat rumah

    1. saya yakin pak mas-tony bisa menemukan jawabannya 😉

  6. Wah, saya baru tahu nih.. 😀
    Jadi memang begitu ya kenapa dinosaurus punah??
    hohoho..

    1. berdasarkan referensi yang saya sadur seperti itu 🙂

  7. Yang tidak bisa menyesuaikan diri akan punah.
    Kata om Charles Darwin begini:

    Bukanlah mereka yang kuat yang akan bertahan, tetapi mereka yang bisa menyesuaikan diri lah yang akan tetap hidup…

    *kira-kira begitu

    1. darwin tercoreng dgn ideologi teori evolusi… 🙂

      Pada Sel, 01 Mar 2011 19:51 ICT

  8. hmmmmm
    tidak ada yang tahu persis kenapa si Dino punah..

    1. @sang sing sung: kata urang sunda, "NANGING ALLOH NU UNINGA" :mrgreen:

  9. Wah, pengetahuan baru nih… jujur aja, sampe sekarang saya masih nggak percaya sama dino. Saya berpikir itu adalah rekayasa orang amrik, sama ketika darwin mengulas manusia kera, NO NO.. hehe
    Emang dino ada beneran ya…

    1. kalo dr bukti fosil2 sih meyakinkan juga… Seru juga cari tau ttg binatang ini lho…

      Pada Rab, 02 Mar 2011 22:02 ICT

    2. hmm… apa bisa “anda yang tidak mempercayai evolusi di bumi” ini memberikan penjelasan ilmiah?

  10. jadimanusianya ikutan punah donk?
    *nambahin pertanyaan salma* 😀

    1. @gerhanacoklat: eh mbak julie…makasih hadiah kaosnya sudah kutampilkan sebagai ilustrasi artikelku yang ini

    2. 65 juta tahun yg lalu belum ada spesies manusia,
      spesies primata muncul setelah kepunahan bangsa dino,

  11. ooo.. gitu tho?!

    trus si Salma nanya : Punah itu sebenarnya apa sih Pap?!

    :hammer

    1. @bundamahes: nggak tuh, bunda….

Leave a Comment