Kahade Tong Ninggalkeun Sholat …

BEBERAPA hari yang lalu… Saya pulang kerja, hampir 3/4 perjalanan, turunlah hujan. Segera saya membelokkan motor ke SPBU tepat di depan jalan saat itu juga.

Memang pas banget… bensin hampir kosong, waktu sholat maghrib hampir habis. Saat hendak ‘menghadap’ sholat magrib. Pas di hadapan saya. Ada kotak shodaqoh. Biasa saja sih kotaknya… Tapi kalimat yang tertera menarik perhatian saya, hingga sayapun sadar dan manggut-manggut menerima nasihat ini.

Itu bahasa daerah saya, Sunda. Bila diartikan lebih-kurang seperti berikut.

Awas, jangan sampai meninggalkan shalat. Dan harus sayang kepada ‘orang kecil’.

Menurut interpretasi pembaca… kalimat ‘orang kecil’ apa sih? … assalamu’alaykum wrwb 😉 []

BACA JUGA:

23 Thoughts to “Kahade Tong Ninggalkeun Sholat …”

  1. orang kecil???? Adanya di kotak shodaqoh ya mungkin artinya orang2 yg kurang mampu ekonominya kang..

    1. ya ya… makanya saya manggut² juga berpikir sama dengan mas Mabrur tentang orang kecil ini. Maturnuwun mas 😉

  2. Orang kecil…. yap, orang yang butuh bantuan. 🙂

    1. @Asop: good boy, thx u brader.. *halah!

  3. pesan bermakna itu luar biasa.. Kalau mau sukses jangan hanya ibadah kepada Tuhan saja tapi beramalah dan bersosialisasi pada orang kecil, mereka yang membutuhkan..

    1. @Ahmad: kalo kata ustadz depan rumah saya bilang begini, "Hablumminalloh wahablumminannas—hubungan dua arah: vertical dan horizontal, kpd alloh ya ibadah –sesama manusia ya bersosialisasi"

  4. wah, bagus, bagus… 8)
    kita memang gak boleh melupakan ‘orang kecil’… 😉

    1. org kecil atau wong cilik perlu bantuan… Bantulah org kecil terdekat kita 🙂

  5. Hmmm,pesan yang menarik…
    kalau saya yg baca pasti rasanya seperti ketonjok
    langsung ngerasa gitu..
    ah, terima kasih sudah diingatkan..

    1. kalo gitu bacanya agak jauhan, mbak….hehe

  6. dua petuah yang benar adanya
    orang yang benar shalatnya, insyaAllah menyayangi yang lemah

    sedj

    1. iya, kang… Peringatan di hadapan-Nya tdk ada si kuat dan si lemah..

  7. Ingatkan abdi salawasna nya lur 🙂

    1. duluuur, malah mandar mamatahan ngojay ka meuri, punten pisan… Insya alloh.. Urang pada2 silih geuingkeun kang 🙂

      Pada Ming, 29 Mei 2011 11:57 ICT

  8. Bukannya sholat memang menuntuk budi pekerti yangbaik dan tentunya menjadikan kita penyayang….orang kecil?? saya wajib disayangikalau begitu…karena saya kecil 😀

    He He He

    1. tapi….. Meski kecil, pendar dompetnya kan besar :mrgreen:

      Pada Ming, 29 Mei 2011 11:58 ICT

  9. tumben amat di SPBU ada tulisan kayak gitu. hehehe

    1. @jasmineamira: iyah bener…iseng tapi daleum 😛 *APA KABAR MBAK?

      1. kang ade, hehee kabar baik kok, Alhamdulillah 😀
        ke bogor atuh, kang :p

        1. @jasmineamira: pengen banget, ktemuan di mie janda kayaknya asik, ya? 🙄

  10. Aa’, pas mo sholat trus baca tulisan itu jadi muncul pertanyaan ttg “orang kecil”. Kira-kira sholatnya mikirin apa ya? He he he 🙂
    Btw, meskipun nasihatnya baik tapi lebih baik tidak ditaruh di depan tempat sholat kan A’ … 😀
    Wa’alaikumussalam wr.wb.

    1. @abu4faqih: tulisan itu terletak di depan tempat wudhu di luar mushola …

  11. Sae pisannn eta nasehhhattt kang

Leave a Comment