Mengapa Dinosaurus Punah?

Berbagi

Judul di atas merupakan pertanyaan si Salma, “Pap, mengapa dinosaurus punah?” “Karena sudah tua, ya?” Langsung, saya tidak mampu menjawab! 😳

Betul juga sih Sal… Makhluk kalau sudah tua akan punah….tapi tidak begitu saja punah, tetangga kita saja kemaren meninggal karena sudah tua kan ada jasadnya.

Lantas, siapa dong yang menguburnya? Aduuuh, udah deh Sal, papa mau mandi dulu… *Di kamar mandi putar otak…aha! googling aja, maunya sih barengΒ² googling tapi yaa lagi tidak bisa online di rumah, mesti ke warnet.

Jadi begini Sal…

65 juta tahun lalu merupakan mimpi buruk bagi dinosaurus, namun bisa menjadi awal baru dari penyebaran kehidupan. Sebab terjadi tabrakan besar di Bumi menyebabkan pemusnahan massal dinosaurus 65 juta tahun yang lalu.

Menurut perkiraan, tata surya akan bergerak melewati bidang Galaksi setiap 35 – 45 juta tahun dan meningkatkan kemungkinan terjadinya tabrakan dengan komet. Bukti dari kawah yang ada di bumi juga menunjukkan kalau Bumi mendapat bencana ditabrak komet sekitar 36 juta tahun lalu.

Penelitian ini hasil analisa di Cardiff Centre for Astrobiology. Lewat sebuah simulasi gerak tata surya dan ditemukan kalau geraknya ternyata memantul ke atas dan ke bawah di sepanjang bidang Galaksi. Saat melewati bagian paling rapat dari bidang Galaksi, gaya gravitasi dari area sekitar awan gas dan debu raksasa justru mengubah komet dari jalurnya.

Akhirnya komet-komet itu pun tercebur masuk ke dalam tata surya, dan sebagian di antaranya mengalami tabrakan dengan bumi.

Bumi bergerak mengelilingi pusat massanya yang berada dekat Matahari. Dan Matahari bersama seluruh sistem Tata Surya juga bergerak mengelilingi pusat Galaksi. Pergerakan Matahari di Bimasakti, secara reguler ternyata mengirimkan komet meluncur masuk ke bagian dalam Tata Surya. Akibatnya terjadi tabrakan besar-besaran yang memusnahkan kehidupan di Bumi.

Itulah sebabnya kenapa dinosaurus punah, Salma….

Salma kamu bacanya nanti aja kalo sudah agak besaran ya nak? Artikel ini kok nggak ada kesan anak²nya sama sekali 😯

(Sumber artikel dengan sedikit perubahan: di sini)

26 comments

Tinggalkan Balasan